Sabtu, 30 April 2011

Kartu AKSes, Jaminan Investasi, Perlindungan dan Transparansi




Kartu AKSes, Jaminan Investasi, Perlindungan dan Transparansi
“Saya mau tahu apa itu Kartu AKSes. Kenapa Adrian Maulana mau jadi Duta KSEI,” guman Nining

Kartu AKSes. Nining pun mulai gerilya browsing di google, tentang profesi baru Adrian Maulana, juga didorong rasa ingin tahu tentang Kartu AKSes. Selidik punya selidik, Adrian Maulana ternyata didapuk oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk menjadi Duta Kartu Akses. Lho, kok bisa?

Adrian yang saat ini menjadi investor di pasar modal, dikontrak KSEI untuk setahun ke depan mensosialisasikan penggunaan kartu AKSes. Sebagai Duta Kartu AKSes , KSEI menugasi Adrian untuk mengajak investor menggunakan Kartu AkSes sehingga dalam melihat pergerakan portofolionya setiap saat secara gratis. Hal ini untuk menghindari adanya kasus penipuan di pasar modal seperti yang telah terjadi sebelumnya. Kartu AKSes

Kartu AKSes. Setelah lebaran nanti, sosialisasi diarahkan ke luar Jakarta yang menjangkau seluruh daerah. Tugasnya menjadi Duta Kartu AKSes tidak mengganggu aktivitasnya yang saat ini juga sebagai investor. Bahkan rencananya ke depan akan mendirikan perusahaan konsultan investasi.

Kartu AKSes. Rasa penasaran Nining tidak sampai disitu saja, dia mulai menelusuri apa fungsi kartu AKSes itu. Kartu AKSes adalah kartu yang bentuknya seperti kartu ATM. Kartu ini diterbitkan oleh PT KSEI sebagai sarana cepat investor untuk memonitor kepemilikan sahamnya di bursa.

Lewat AKSes, investor bisa dengan mudah mengetahui jumlah efeknya, aset emiten yang akan dibidik bahkan sekuritas yang mulai menunjukan gejala mencurigakan pun bisa diendus. Meski modelnya seperti kartu ATM, namun penggunaan kartu AKSes ini hanya bisa melalui akses internet, bukan mesin ATM. Kartu AKSes bisa membuat investor jadi lebih aktif.

Fasilitas AKSes Kartu AKSes merupakan sarana informasi melalui website yang disediakan KSEI bagi investotr sebagai nasabah pemegang rekening KSEI. Melalui fasilitas AKSes, investor mempunyai hak istimewa untuk melihat dan memonitor petrgerakan efek miliknya yang tersimpan dalam Sub Rekening Efek KSEI. Cukup klik http://akses.ksei.co.id.

Dengan kartu AKSes dapat menghindari kejahatan pasar modal yang belakangan ini seringkali terjadi. Munculnya kasus sejumlah sekuritas bodong seperti Antaboga dan Sarijaya, membuat banyak investor trauma. Maka, dengan AKSes, kejahatan pasar modal seperti itu, setidaknya bisa ditekan dan aset investor jadi jauh lebih aman.
Referensi:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar