Minggu, 01 Mei 2011

Kartu AKSes - Kesadaran Miliki Kartu



Kartu AKSes - Kesadaran Miliki Kartu.
Salah satu hal yang ditekankan Ananta Wiyogo, Direktur Utama KSEI dalam rangkaian sosialisasi ini adalah komitmen KSEI dalam mengembangkan fitur dan fungsi Kartu AKSes.

Kartu AKSes. Menurutnya citra transparan dan terpercaya adalah syarat esensial yang harus dipenuhi industri pasar modal Indonesia untuk mengundang masuknya investasi dari dalam dan luar negeri.Untuk itu perlu ditekankan kesadaran para investor akan pentingnya manfaat Kartu AKSes.

Data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menyebutkan, dalam sebulan investor pengguna AKSes mencapai 23.600 investor Sub Rekening Efek. Kartu AKSes

“Pengajuan Kartu AKSes meningkat sebanyak 497 per hari pasca sosialisasi tersebut. Ini membuktikan makin sadarnya investor akan fungsi dari kartu ini,” kata Ananta.

KSEI cukup yakin target 50 persen dari jumlah Sub Rekening Efek yang menjadi pemegang Kartu AKSes akan tercapai pada akhir tahun ini. Saat ini jumlah investor yang tercatat dalam KSEI adalah sebanyak 356 ribu investor.Kartu AKSes

Kartu AKSes berfungsi sebagai salah satu wujud perlindungan investor yang akan menjadi rintisan dari Identitas Tunggal Pemodal (Single Investor ID). Kartu ini menjadi pesan penting yang disampaikan pada sosialisasi. KSEI berusaha mewujudkannya melalui Kartu AKSes.

Saat ini KSEI tengah mempersiapkan fitur dalam Kartu AKSes yang memungkinkan Investor melakukan pengecekan terhadap dana tunainya. ”Kami berusaha mengedukasi investor agar menyadari pentingnya pengawasan menyeluruh terhadap portofolio investasinya,” jelas Ananta.

Ananta berpromosi Kartu AKSes keuntungan bagi investor bila memiliki Kartu AKSes memberikan kontrol fungsi pengawasan portofolio investasi kepada investor itu sendiri. Investor tidak lagi bergantung pada Perusahaan Efek untuk mengetahui kondisi portofolionya dan yang lebih penting agar investor sadar akan hak dan kewajiban untuk menjaga investasinya.Kartu AKSes

Dengan demikian investor tidak perlu lagi dipusingkan dengan resiko penyalahgunaan portofolio investasinya oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab. Investor cukup berfokus pada resiko terkait keputusan investasi yang dibuatnya.

Kepala Riset PT Bhakti Securities Budi Ruseno mendukung penggunaan Kartu AKSes bagi investor pasar modal. Menurutnya sosialisasi Kartu AKSes ini sudah harus dimulai saat ini. Penting bagi investor untuk mengetahui haknya untuk mendapatkan informasi sebenar-benarnya mengenai kondisi portofolionya.
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar