Selasa, 03 April 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN

(Telah Dipublikasikan pada Jurnal Fokus Ekonomi Vol. 10 No. 1 – April 2011)
Luciana Spica Almilia, Nurul Hasanah Uswati Dewi dan Vidiana Hastutik Is Hartono
 STIE PERBANAS SURABAYA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji faktor-faktor penentu pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dan pengaruhnya terhadap kinerja keuangan dan ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder laporan tahunan perusahaan go publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan data dari Sustainability Reporting Award (ISRA) tahun 2007 – 2008. Sampel penelitian ini terdiri dari 47 perusahaan yang menerima Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) dan perusahaan lain yang tidak menerima Indonesian Sustainability Reporting Award (ISRA) tetapi masih dalam industri yang sama.
Pengujian hipotesis pertama dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik dan menunjukkan bahwa ROA mempengaruhi pengungkapan laporan tanggungjawab sosial perusahaan, sementara ROE tidak mempengaruhi pengungkapan laporan tanggungjawab sosial perusahaan. Hipotesis kedua dan ketiga dalam penelitian ini menggunakan uji beda, dan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan penerima ISRA lebih tinggi dibandingkan perusahaan yang tidak menerima ISRA. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kinerja keuangan yang diukur dengan ROE dan ROA pada perusahaan penerima ISRA dan perusahaan yang tidak menerima ISRA.

Abstract
The aim of this is to examine some determinants the disclosure of social responsibility (CSR) companies and their impact on financial performance and company size. This study uses secondary data from the 2006-2009 annual reports of public companies listed in Bursa Efek Indonesia (BEI) and data from the IndonesianSustainability Reporting Award (ISRA) in the period 2007-2008. The sample in this study of 47 companies consisting of receivers and that did not receive Indonesian Sustainability Reporting Award (ISRA) in the same industry.  In thefirst hypothesis using logistic regression, shows that firm size and ROA have an influence on the disclosure of corporate social responsibility (CSR), while the ROE has no effect on CSR. In the second and third hypotheses using different test, shows that firm size that receives Indonesian Sustainability Reporting Award (ISRA) higher than those not receiving Indonesian Sustainability Reporting Award (ISRA).  As for financial performance as measured by ROA and ROE no difference between the recipientand who do not receive the Indonesian Sustainability Reporting Award (ISRA).
Keywords: Disclosure, Corporate social responsibility disclosure, Company size, Profitability, Indonesian Sustainability Reporting Award 
Artikel dapat di download disini -> Artikel Faktor Penentu ISRA

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar