Sabtu, 14 April 2012

Perancangan Sistem Informasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Berbasis Database pada Instansi Pemerintah

Penelitian ini telah diseminarkan pada Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2006 yang diselenggarakan oleh Jurusan Tehnik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII) (Yogyakarta , 17 Juni 2006)
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk merancangan sistem informasi penerimaan kas dan pengeluaran kas terkomputerisasi berbasis Microsoft Access pada instansi pemerintah, sangat mendukung kinerja instansi baik operasional maupun manajerial, khususnya penerimaan kas dan pengeluaran kas. Dimana penerimaan kas dan pengeluaran kas yang sebelumnya dilakukan secara manual, yaitu pencatatan data secara manual atau klerikal , yang kemudian dipindah ke file  komputer dalam program Microsoft Word atau  Microsoft Excel, dimana kedua program tersebut sebagai penyimpan data-data, sekaligus proses perhitungan dan laporan.
 Dengan perancangan sistem ini, data-data transaksi yang terjadi di instansi pemerintah, dapat dibuatkan tabel sebagai file penyimpanan dan sekaligus digunakan sebagai data–data pokok yang akan di manipulasi dan kemudian dari hasil proses pemanipulasian tersebut dapat diperoleh laporan penerimaan kas dan pengeluaran kas. Tabel-tabel yang terbentuk dapat pula digunakan sebagai acuan pembuatan form, dimana form sendiri dapat difungsikan sebagai fasilitas proses entri data-data. Sedangkan, proses pemanipulasian data-data di dalam tabel dilakukan dalam query-query, antara lain query PAD,  query Biaya, query Transaksi. Dalam query-query tersebut terjadi proses pengekuivalenan, pemrosesan dan pemanipulasian data yang akan di gunakan sebagai laporan. Dari perancangan sistem penerimaan dan pengeluaran kas berbasis Microsoft Accessinstansi akan lebih mudah mengelola data-data dari transaksi yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan laporan penerimaan kas. Karena, dalam program atau sistem ini semua komponen dari dari tabel, query, form, dan laporan sudah terhubung satu sama lain (relasi), apabila instansi ingin menambah ataupun mengubah data, tidak perlu lagi menginput data sumber lagi, semua data-data akan berubah dengan sendirinya. 
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi,  database, pendapatan asli daerah (PAD), instansi pemerintah.
Artikel Lengkap dapat Didownload disini ->

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar